Visiting India – Part 1 (Arrival, Seminar Day 1, Welcome Dinner)

Wah udah lama saya gak nulis, rasanya PR blogging saya menumpuk nih, masih punya utang cerita soal saya resign dari kantor, cerita soal perjalanan saya di Bangkok mengikuti Asia Growth Summit Feb lalu dan cerita soal Director Seminar di Nusa dua bali maret lalu… Janji mau nulis tapi apa daya kadang harus cari mood dulu :D

Dan sekarang udah ada cerita baru lagi soal perjalanan saya ke India, lagi-lagi gratis dari Oriflame… jadi sebelum saya lupa mari mulai dari yang akhir dulu ya… cerita perjalananan saya mengikuti Oriflame India Directors Seminar 16 –  20 April 2012 yang lalu.

Alhamdulillah saya bisa mendapatkan kesempatan ke negara yang sampai saat ini belum pernah ada dalam list impian saya. INDIA, rasanya bukan tujuan untuk berlibur buat saya… dan memang ini bukan dalam rangka jalan-jalan sih tapi karena undangan (kerja tapi sekaligus senang-senang, begitulah kalo di oriflame).  Kakak saya Ilna, diminta untuk berbagi success story nya di depan para Oriflame India leaders, ini merupakan salah satu tanggung jawab yang diberikan oleh oriflame management sebagai bagian dari top 15 oriflame Indonesia, dan karena dia dapat 2 tiket saya ditawarkan untuk ikut. Namanya juga gratis ya siapa juga yang mau nolak, tapi bukan karena keluar negerinya itu loh… buat saya ini adalah learning experience, bisa melihat kayak apa sih director seminar di india, kayak apa sih negaranya, orang-orangnya, budayanya? Nah selanjutnya saya akan bercerita lewat foto-foto ya…

Senin, 16 April 2012

Kami berangkat naik pesawat Malaysia Airline jam 11:10, ini merupakan maskapai penerbangan kedua international yang saya dapatkan dari oriflame setelah Singapore airlines ke Bangkok Februari lalu. Tiba di KLIA (Kuala Lumpur International Airport) jam 14:10 dan karena jadwal connecting ke New Delhi jam 18:20 kami harus transit dulu di Kuala Lumpur selama 4 jam, lumayan lama sih tapi alhamdulillah gak membosankan karena di KLIA ada wi fi gratis yang lumayan ngacir…. Bahkan booth internetnya udah pake ipad dan Samsung tab loh, bener-bener mengikuti teknologi masa kini.

Perjalanan dari KL ke New Delhi akan ditempuh selama 4,5 jam, pesawatnya lebih besar, dengan jumlah seat 9 per baris, kami dapat duduk di tengah (5 seat) dan ternyata cuma kami berdua aja yang duduk disitu karena pesawat gak terlalu penuh. Rasanya ini perjalanan terlama yang saya rasakan selama saya travelling dan lumayan pegel juga ya…wah gak kebayang deh agustus nanti ke Stockholm bisa 17 jam!

Tiba di New Delhi jam 21:20, kami overnight dulu di Shangri-la Eros Delhi sebelum besok pagi berangkat ke Agra tempat diadakannya directors seminar. Dijemput oleh supir dari hotel dan taraaaaa…hotelnya kereeen banget ya…. Hotel Shangri-la kedua yang saya inapi setelah Bangkok. Dan yang paling penting adalah wi-fi nya gratis. Waktu kita check-out sempet liat bill nya, wow hanya semalam menghabisnya INR 11.000 alias 1.9 juta (INR 1 = IDR 177). Oriflame emang kalo kasi penginapan selalu hotel yang mahal-mahal dan bintang 5…

Penampakan Indira Gandhi International Airport

Shangri-La Eros, 19 Ashoka Road, Connaught Place, New Delhi, 110 001, India

Selasa, 17 April 2012

Setelah breakfast dan checkout, jam 8 pagi kami siap berangkat ke Agra dengan mobil dan supir yang sudah dipersiapkan oleh oriflame. Perjalanan ke agra akan ditempuh selama 5 jam… cukup lama ya… Agra ini adanya di northern state of Uttar Pradesh, India, tempat dimana Taj Mahal berada. Selama perjalanan ke Agra tidak ada pemandangan yang menarik untuk dilihat… India cukup gersang dan tidak teratur… yang saya perhatikan adalah mobil pribadinya kecil-kecil, rata-rata berwarna putih atau silver dan banyak baretnya :D, jarang banget ada mobil yang warnanya hitam, merah, ijo atau kuning. ada juga bajaj warna ijo :D. Yang parahnya pengemudinya gak sabaran… people honking everywhere, bener kata Ilna, siapkan 2 nyawa. Tapi walaupun begitu, mereka gak pake teriak-teriakan dengan kata-kata kotor kayak supir di Indo, tetep nyantai aja gitu sambil terus tintinan, hehe…. Suhu di India bulan ini sedang panas, rasanya gak beda jauh dengan di Jakarta kurang lebih sekitar 28 – 30 derajat

Pemandangan selama perjalanan menuju Agra

Kami tiba di Agra jam 13:00. Di Agra kami diinapkan di Jaypee Palace Hotel. Dari luar penampakan hotelnya bagus, seperti benteng… lobi dan interiornya juga bagus, kamarnya sih biasa aja ya. Nah sayangnya nih di Jaypee ini wi-fi gak gratis… kudu beli voucher per jam nya sekitar 275 rupee, bener-bener mati gaya deh ya kalo gak ada internet secara kita kan maunya live tweet gitu dari India, hehe…

Jaypee Palace Hotel, Fatehabad Road, Agra 282003, India

Hari ini seminar dimulai pukul 15:00, sore banget ya gak kayak Director Seminar di Indonesia. Dirsem nya diadakan selama 3 hari (half day – full day – half day) dan Ilna akan tampil di hari pertama sekitar jam 17:00. Sementara saya siap-siap sambi leyeh-leyeh dulu, Ilna rehearsal bareng dengan translator, karena nanti akan dibawakan dalam bahasa inggris tapi ditranslate ke Hindi…

Jam 15:30 kami turun ke ballroom dan mulai melihat kemeriahan seminar. Gak di Indo gak di India, acara oriflame selalu heboh dan menyenangkan… rata-rata peserta di india ini memakai pakaian nasional mereka yaitu SAREE.. jadi mereka gak ada dress code khusus. Kalo dirsem di indo saya harus masuk desak-desakan dan rebutan kursi, Alhamdulillah di india karena datang sebagai undangan udah tinggal melenggang masuk dan dikasi duduk didepan… eh tapi dirsem di india ini gak terlalu rusuh kayak di indo loh, masuknya cukup tertib walopun sama aja lari-larian rebutan kursi mungkin karena pesertanya gak sebanyak di Indo ya, dirsem india ini hanya dihadiri sekitar 600 peserta, setengahnya dari peserta dirsem di Indonesia. Abis itu ya seperti biasa sih joget-jogetan ya cuma kalo disini gak ada yang naik-naik kursi kayak di Indo loooh… :)))

Sebelum mulai acara, panggungnya ditutupin dulu sama terpal putih, jadi biar surprise kayaknya ya… diputerin video-video dulu di terpal itu baru deh abis itu dibuka dan taraaaa terlihatlah panggungnya… gak semegah dirsem indo waktu di bali sih dan agak kurang rapih penataannya, tapi tetep dengan tembakan lampu warna warni jadi lebih menarik…

Seminar dibuka oleh Mr. Niklas Frisk, beliau ini Vice President head of South Asia sekaligus Managing Director Oriflame India dan baru bergabung di bulan Februari 2012 setelah berkarir selama 15 tahun di paint Industry… umurnya 37 tahun punya anak 1, masih keliatan jaim ya belum “gila” kayak MD-MD yang lain hehehe… setelah itu beliau mengenalkan jajaran management teamnya dan memanggilkan semua International Guest termasuk kami berdua… ih senang juga bisa tampil di atas panggung negara lain walopun saya ini cuma pendamping. Dan seneng banget saya bisa bertemu langsung dengan Mr. Robert Af Jochnick, co-founder and chairman oriflame yang datang langsung dari Swedia, juga berkenalan dengan Stefan Karlsson, Senior Vice President and Head of Oriflame Asia.

Rangkaian acaranya hampir mirip dengan dirsem di Indo, diawali pemanggilan no 1 leader di India, Kamini Jha, pemangilan diamond up ke atas panggung, juga pastinya business update dan beberapa recognisi, cuma yang membedakan adalah di India ini pengumuman top 15 nya di hari pertama loh… kalo di indo kan hari terakhir tuh jadi berasa banget deg-degannya, agak aneh juga sih ya…. Mr. Robert juga memberikan speech tentang future oriflame dan beliau bercerita karena umurnya tidak muda lagi maka anak-anaknya akan menjadi generasi penerus di oriflame, beliau bercerita bahwa anaknya, Alexander af Jochnick (ah sayapun udah ketemu beliau di Bangkok dan Bali) sangat cinta dengan oriflame dan bangga menjadi bagian dari oriflame family. Salut banget sama Mr. Robert yang umurnya mungkin lebih dari 80 tahun tapi masih kuat dan mau datang ke acara dirsem yang jauh sekali dari negaranya… orangnya baik banget dan selalu ramah meladeni permintaan foto bareng.

Lalu waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu Sharing dari Ilnayuti Sari selama 30 menit, Ilna adalah no 11 top leader oriflame indonesia dan no 9 asia fastest growing leader 2012. Ilna menceritakan awal mula bergabung di oriflame dan sepak terjangnya mulai dari prospek naik angkot, ojek, bis, kereta, menerima berbagai penolakan bahkan dari suami sendiri sampai akhirnya bisa membuktikan dengan punya uang puluhan juta dan punya 2 mobil, bisa menyekolahkan anaknya di sekolah internasional hasil kerja kerasnya di oriflame. Alhamdulillah nama saya disebut-sebut juga jadi gak malu-maluin lah ya nemenin dikasi liat slide Time Management saya waktu masih kantoran :D

Sebenarnya kami yang di indo mah udah sering denger cerita Ilna  tapi buat leader di india cerita ini sangat menyentuh dan mereka terpesona sekali, banyak yang terinspirasi dan termotivasi karena rata-rata memiliki pengalaman yang sama, sampe-sampe pas coffee break dan acara selesai dikerubutin deh tuh nanya tips-tipsnya sampe janjian di kamar segala hehehe… karena emang sama Ilna diumumin di panggung, siapa yang mau tanya-tanya kami masih ada sampe akhir seminar, walhasil banyak yang bikin appointment….mereka haus akan ilmu dan mau belajar… dan pertanyaan yang paling banyak dietrima adalah mengenai online prospecting :D nah coba nih leader-leader di Indo terutama Simplebiznet udah banyak dikasi fasilitas manfaatin maksimal ya, jangan sampe kebalap India loooh… :)

Saya sendiri juga punya impian suatu hari nanti pengen dapat kesempatan diminta sharing di atas panggung international, kalo sekarang jam terbang masih di Indo aja itupun belum banyak… rasanya ada kebanggaan tersendiri ya kalo prestasi kita bisa di dengar di negara lain… tentunya butuh kerja keras dan pantang menyerah, and i am sure my time will come :) public speaking emang hal yang paling ditakuti oleh banyak orang tapi saya mau menantang diri saya kalo saya berani berbicara di panggung dunia.

Eh seru loh di dirsem india ini ada lucky draw untuk dapetin 3 iphone 4 dan 1 buah Hyundai EON dan akan dikocok di akhir seminar, syaratnya cuma beli CAF (consultant application form) aja sebanyak-banyaknya trus dapet nomor deh… waaaah coba ya di indo ada juga beginian …

Welcome Dinner – Arabian Night

Sesuai tradisi di oriflame setiap seminar atau conference pasti ada welcome dinner, dan di India ternyata temanya sama seperti welcome dinner di indonesia yaitu Arabian night…. pasti donk… soalnya kan menyambut gold conference 2013 di Dubai ya…tapiiiiii di India ini lebih seru welcome dinnernya, yang cewek dikasi cadar dan yang cowok dikasi apa tuh ya penutup kepala gitu deh…. dekorasi panggungnya lebih menarik dari di Indo trus atraksinya kurang lebih sama, ada penari perut dan pemain api…juga ada onta asli tentunya, sama kayak waktu welcome dinner di taman bhagawan, Nusa dua bali… daaaaan makanannya enak-enak bangeeeeet….namanya aneh-aneh sih ya, dan rata-rata vegetarian tapi vegetarian yang berlemak banget no wonder ya pada gemuk-gemuk badannya, hehehe…. saya sendiri gak ada masalah dengan makanan sih…. semuanya menurut saya enak….cucok deh di lidah pokoknya….

Seru kan ya dirsem di India ini…. masih ada hari kedua dan ketiga seminar yang lebih seru lagi, plus gala night pastinya yang full of entertaintment loh…jadi nantikan cerita part 2 nya yaaaaa…. mau tidur dulu nih, soalnya sampe jam setengah 3 pagi nulisnya, hihi… :D