My Achievement: 1 tahun 4 title

Perusahaan tempat saya bekerja saat ini sangat nyaman, kantor sophisticated, gaji cukup besar, lingkungan condusive, teman-teman yang menyenangkan dan lokasi lumayan dekat dari rumah. Atasan saya sangat baik dan perhatian, full appreciation, beliau memberikan saya banyak sekali pengalaman baru dan beliau orang yang sangat peduli dengan staff development termasuk development saya dalam bekerja. Dengan benefit yang saya dapatkan, bisa dibilang saya berada pada COMFORT ZONE dan cukup beruntung dibanding teman-teman terdekat seangkatan saya yang bekerja di perusahaan lain. Orang yang dalam kondisi comfort zone tidak akan susah-susah muter otak untuk melakukan PERUBAHAN HIDUP karena merasa sudah NYAMAN. Namun efek dari comfort zone kita jadi gak berkembang, gak maju, gitu-gitu aja, tau-tau kelindes dengan kemajuan zaman. Gak ada salahnya jadi KARYAWAN, tapi kalau bisa dapat lebih baik dengan sampingan sebagai ENTREPRENEUR kenapa tidak?

1 tahun 4 bulan yang lalu saya-pun membuat keputusan untuk keluar dari comfort zone saya dan menjadi BOS buat diri saya sendiri dengan bergabung dengan Multi Level Marketing bernama ORIFLAME. Saya menyadari bahwa aktifitas harian saya hanya begitu-begitu saja dan tidak ada kualitas diri menjadi lebih baik. Saya merasa harusBANGUN dari keadaan ini, saya harus membuat GOAL baru, TUJUAN baru, CITA-CITA baru yang lebih tinggi dan merealisasikan impian-impian saya yang rasanya tidak mungkin saya wujudkan jika saya hanya bekerja sebagai karyawan. 11 tahun saya bekerja kantoran belum merasakan perubahan yang sangat signifikan…dan saya tidak ingin memperpanjang usia title saya sebagai ‘karyawan’ lebih lama lagi.

Multi Level Marketing (MLM) belakangan ini memang banyak dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mencari penghasilan tambahan bahkan menjadi pekerjaan utama. Menawarkan benefit yang bervariasi mulai dari bonus tak terhingga, uang tunai, perjalanan keluar negeri, mobil, kebebasan waktu, pengembangan diri dan bahkan dapat diwariskan. Begitu banyaknya MLM di indonesia kenapa saya memilih oriflame? menurut saya hanya oriflame lah bisnis MLM yang masuk akal; 25 tahun di Indonesia, besar, bonafid, terpercaya, sistemnya mudah diduplikasi dan produknya repeat order dipakai setiap hari oleh laki-perempuan, tua-muda, tidak memandang status sosial serta harganya terjangkau. Joining fee nya pun sangat murah sekali hanya Rp 39.900. Jujur saja, kalau harus berbisnis konvensional dengan modal besar saya tidak memiliki dana yang cukup.

MLM hanya mengejar materi? Anda salah besar. Memang materi/uang adalah hasil yang jelas terlihat dari system yang dijalankan tapi ternyata saya menemukan begitu banyak hal positif lainnya yang diberikan oleh bisnis ini. Anda yang mengenal saya dulu pasti tau seperti apa saya: pemalu, pendiam, gak pinter ngomong, minder, suka mengeluh, tidak percaya diri, pesimis…. Hampir semuanya tidak ada lagi dalam diri saya saat ini sejak saya bergabung di oriflame yang memberikan pengembangan kepribadian secara gratis! Anda tidak akan lagi melihat status2 FB saya yang galau, mengeluh, mencaci maki, status gak penting.

Gaul di social media? Coba dengar ini, seorang Pakar internet marketer: Jeff Bullas berkata:

Bila Anda tidak aktif didalam Social Media, karena anda pikir itu hanya sebagai ajang hype (bersenang-senang) maka sesungguhkan anda sedang membinasakan bisnis anda sendiri.

Jadi Manfaatkan! Saya tidak peduli dengan omongan orang karena tidak ada seorang pun yang boleh menghalangi keinginan saya untuk maju…

Sejak join oriflame saya jadi tau betapa pentingnya memiliki impian. Dari hanya sekedar mencari uang tambahan, kini motivasi saya menjalankan oriflame adalah: “Saya punya impian untuk jadi orang sukses. Saya akan berusaha keras mencapainya, untuk membawa saya dan keluarga saya ke tingkat yang lebih baik”.

Saya tau banyak orang yang menertawakan saya, menganggap saya norak, gak tau diri, Saya tau tidak semua orang menyukai saya menjalankan bisnis ini, teman-teman yang mungkin mencibir, berbicara di belakang, menilai saya terlalu ambisius, berlebihan dan so on, semua orang berhak untuk memberikan opininya, sayangnya mereka hanya bisa menilai dari luar, mereka tidak pernah tau pengorbanan dan kerja keras yang saya lakukan.

Saya jadi tau apa arti sebenarnya dari: bekerja keras membanting tulang, ternyata bukan bekerja kantoran dibelakang meja menunggu perintah atasan dan menerima gaji PASTI setiap bulannya yang pastinya SEGITU-GITU saja tapi saya harus bergerak. Setiap hari saya memikirkan langkah saya untuk bisa memberikan bukti kepada orang-orang….Saya memulainya dari nol, tanpa memiliki bakat apa2, tanpa ilmu marketing sedikitpun, tanpa skill khusus karena semua hanya berawal dari NIAT, KEMAUAN dan ACTION. Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan…

Saya yang menjalankannya sambil bekerja kantoran hanya memiliki waktu terbatas, hanya bisa melakukannya sepulang kantor dan weekend. Tiada hentinya saya prospek disana dan disini, tanpa hitungan waktu dan jarak, bertemu dengan orang-orang baru, weekend datang ke training menyerap ilmu dan menyebarkannya kembali, mengajarkan downline dari nol, sampai akhirnya saya bisa melakukan presentasi dihadapan ratusan orang, memberikan training ke puluhan downline, hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya.

Lead meeting and train my network, hal yang baru bagi saya

Memberikan training di depan 600 orang pada Leaders Club Seminar 12-13 November 2011, Kempinski Hotel

Saya harus rela meninggalkan ‘me time’ berleha-leha sepulang kantor menonton gossip dan sinetron dan menggantikannya dengan merekrut, pulang lebih malam, tidur lebih malam karena masih harus melakukannya dengan online dirumah. Banyak yang bertanya “apakah saya tetap memiliki waktu dengan anak?”. Tidak masalah, suami saya mendukung, anak saya mungkin cukup banyak ditinggal tapi tetap mendapat perhatian penuh dan Alhamdulillah menjadi sangat mandiri sekali. Semua ini justru saya lakukan untuknya, nantinya dia bebas meminta waktu saya kapan saja karena tujuan saya justru pensiun diri dari dunia kantoran, bisa mengantar jemputnya sekolah setiap hari namun tetap memiliki penghasilan bulanan. Untuk itu, ada harga yang harus saya bayar dan saya berani membayarnya dengan bersusah-susah dahulu dan menerima banyak tantangan, maju terus pantang mundur. Alhamdulilah saya jadi tau siapa teman dan siapa lawan disini.

Dari bisnis oriflame, temanku bertambah banyak dan didukung oleh club dengan fasilitas online – offline: SimpleBiznet

Untuk mendapatkan apa yang belum anda miliki, anda harus marus mau melakukan hal yang belum pernah anda lakukan.

Selama saya menjalankan bisnis ini, berbagai macam rupa sifat dan sikap manusia saya hadapi. Berbagai macam penolakan dengan berbagai macam alasan saya terima. Bahkan mereka yang sudah bergabung pun ada yang negatif, positif yang semangat ingin maju, yang menghilang, yang banyak alasan datang ke training, yang bilang gak ada waktu, yang berhenti di tengah jalan, yang moody, yang cepet down, yang banyak omongnya tapi sedikit action, yang mengeluh pelayanan oriflame, yang protes stock kosong. Saya dituntut menjadi orang yang sangat-sangat sabar, sungguh pelajaran berharga yang saya dapatkan dan yang pastinya saya terus dan terus diuji untuk menjadi seoarang leader sejati.

Anda yang tidak bergabung, menilai saya tidak menjadi ibu yang seutuhnya, menilai uang tidak dapat membeli kebahagiaan, tapi coba anda pikirkan ini…. Apakah anda tidak berbahagia ketika anda bisa menyekolahkan anak anda di sekolah yang bagus, bisa mengajaknya jalan-jalan ke tempat-tempat yang dia inginkan, bisa membelikannya pakaian yang cantik2, bisa membelikan mainan yang dia minta yang … heyyyy…semuanya harus dibayar dengan uang loh. Lalu apa kabar dengan perhatian dan waktu? Sebagai orang tua pasti anda tau tidak ada orang tua manapun yang tidak menyanyangi anaknya dengan sepenuh hati. Hubungan saya dengan suami dan anak saya tentunya yang tau hanya saya dengan mereka. Ibadah saya dengan allah tentunya yang tau hanya saya dan allah.

Lalu anda yang berkata, materi tidak akan dibawa mati… justru saya lakukan ini karena saya memikirkan akhirat. Bisa bersedekah jauuuuuh lebih banyak dari yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya, bisa memberikan mama saya uang dalam jumlah yang besar yang tidak terbayang bisa saya berikan kalau saya hanya mengandalkan gaji kantor dan suami. Saya selalu ingat apa kata Ippho Santosa (pakar otak kanan dengan buku best sellernya “7 keajaiban rezeki”) yaitu: Bahagiakanlah orang tua anda dengan uang, karena perhatian saja tidak cukup. Ingin membantu orang tua naik haji, butuh uang, ingin memberikannya rumah yang nyaman, butuh uang. Dan saya selalu ingat apa kata guru ngaji saya “apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan mengharapkan ridho dari allah”.

Tidak hanya itu, di oriflame ternyata saya bisa membantu mewujudkan impian orang lain, ada yang sudah berhenti kerja karena bonus oriflamenya sudah melampaui gaji kantorannya dan sekarang memiliki banyak waktu untuk keluarganya, ada yang terwujud impiannya untuk memiliki mobil baru, ada yang senang karena punya additional income untuk membantu suami membiayai pengeluaran RT, ada yang bisa membantu membiayai ayahnya yang sakit untuk membeli obat dan masih banyak lagi…

Impian anda terwujud tidak sendirian tapi bersama-sama dengan orang-orang yang anda ajak bergabung. Tidak ada istilah ongkang2 kaki dan ‘ngenak-ngenakin’ upline di oriflame, kami bukan MLM dengan atribut buruk yang ada di benak anda.

Have Fun During Seminar – Welcome Dinner with Theme

Ketika anda melakukan suatu pekerjaan dengan sepenuh hati maka anda bukan sedang bekerja keras tapi anda sedang bersenang-senang, itu lah yang saya lakukan di oriflame.

7 bulan sejak menjalankan oriflame, saya berhasil mencapai title Director (Feb 11) , title yang oleh kebanyakan consultant rata-rata dicapai dalam jangka waktu 1 tahun. Mendapatkan cash award saya yang pertama senilai 7 juta, diluar penghasilan bulanan yang saat itu antara 7-8 juta/bln. Di level ini saya memiliki beberapa manager dan senior manager dijaringan saya yang memiliki income antara 2-5 juta/bln. Banyak yang sudah resign dari kantornya ketika mencapai level ini namun saya masih terus lakukan sambil bekerja.

3 bulan kemudian saya berhasil naik peringkat langsung 2 title sekaligus yaitu Gold dan Senior Gold Director (Mei 11) , mendapatkan double cash award 14 juta dan 21 juta, diluar penghasilan bulanan antara 12-15 jt. Di level ini saya memiliki 3 orang director langsung yang saya bantu mendapatkan income antara 4-8 jt/bln dan saya menjalani kualifikasi untuk mengikuti gold conference ke Stockholm, Sweden. Dan saya masih sanggup menjalankannya sambil bekerja kantoran.

5 bulan setelahnya saya kembali naik peringkat, yang baru saja saya raih yaitu Sapphire Director (Oct 11) , mendapatkan cash award sebesar 28 juta, diluar penghasilan bulanan antara 17 – 20 juta dan telah confirm mengikuti gold conference di Stockholm, Sweden 5 hari 4 malam di bulan agustus 2012 nanti dengan 2 tiket sehingga saya bisa mengajak suami :). Di level ini saya memiliki 4 orang director langsung dengan income antara 5-11 juta. Saya juga memiliki beberapa director tidak langsung, beberapa senior manager, belasan manager dan puluhan consultan mulai dari income puluhan ribu sampai jutaan.

Total Cash Award yang sudah diterima Rp. 70.000.000 dalam 1 tahun

Bonus Bulanan yang meningkat terus

Oriflame membuat saya memiliki goal dan target didalam hidup ini, target jangka pendek saya adalah segera pensiun dini dan menjadi Diamond Director, title yang diimpikan oleh semua consultant di oriflame. They call it “diamond heaven”. I will soon reach that, I am sure!

Saya hanya bekerja dan bekerja sebaik mungkin di bisnis ini dan tidak menyangka oriflame selalu menghargainya. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya saya termasuk 30 fastest growing leaders in Asia untuk mengikuti Asia Growth Summit di bangkok bulan Feb 12 nanti dan Alhamdulillah saat ini saya berada pada peringkat 11 as per September 2011 dan masih bisa naik atau turun sampai berakhirnya periode kualifikasi berakhir di bulan tanggal 30 Des nanti.

Saya masih bekerja kantoran di level ini, satu hal yang tidak lazim memang :) saya bisa saja pensiun dini dari 6 bulan yang lalu jika saya mau. Namun saya ingin membuktikan bahwa sebagai seorang istri, seorang ibu, sekretaris dan juga leader di oriflame bukan hal yang mustahil untuk menjalankan sekaligus pastinya harus pintar membagi waktu.Bagi anda yang masih sering beralasan ‘sibuk’, pastikan sibuknya anda memberikan perubahan hidup yang berarti dalam hidup anda.

Coba lihat disekitar anda, keluarga anda, teman anda, saudara anda, apakah hidup mereka sudah lebih baik? Jika belum tugas andalah untuk membantu mereka. Saya bertiga bersaudara menjalani bisnis ini dengan serius dan kami dulu hanyalah anak yang biasa-biasa saja, Alhamdulillah saat ini kami bertiga bisa membanggakan dan menyenangkan ibu kami yang membesarkan kami seorang diri sejak 21 tahun yang lalu, dengan prestasi-prestasi yang kami ukir bersama oriflame. Bukan lagi materi yang saya cari di bisnis ini, tapi kepuasan dan kebahagiaan ketika melihat orang-orang yang saya ajak bergabung mulai tercapai impiannya, saya merasakan kebanggaan tersendiri ketika berada diatas panggung mencapai level demi level dalam success plan oriflame. Always remember, YOU ARE A CREATOR OF YOUR OWN DESTINY!

Kesuksesan bukanlah sebuah keberuntungan, tapi karena memang kita yang menginginkannya!
Jadi apakah anda ingin merubah hidup anda dan bergabung bersama saya?

Rosa Puspasari
Independent Oriflame Director
Follow @RosaPuspasari
rpuspasari@gmail.com
0811870332

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*