Catatan Kecil 2 Tahun Bersama Oriflame

Sudah 2 tahun aku menjalani pekerjaan ini. Pekerjaan yang setiap hari bahkan setiap detik selalu aku pikirkan. Kepalaku penuh dengan berbagai rencana, impian, strategi, rasanya gak rela ALLAH menurunkan malam hari. Tidak sabar menunggu hari esok, saat dimana aku melakukan action dari semua rencana yang ada di kepala, membantu para downline-downline dan leader- leaderku mencapai target dan impiannya.

Bosan ?

Alhamdulillah tidak.

————————————————————————————–

Juli 2012 ini adalah tahun keduaku aktif menjalankan oriflame. Sebenarnya aku didaftarkan di bulan Mei 2009, tapi sayang saat itu aku tidak terlalu peduli dengan oriflame sehingga nomor keanggotaanku aku abaikan selama 1 tahun 2 bulan.  Waktu yang cukup lama untuk menyadari bahwa oriflame bisa memberikan kehidupan yang jauh lebih baik untukku. Menyesal? Iya aku menyesal karena telah menyia-nyiakan peluang besar. Semoga temen-temen oriflamers yang sudah gabung gak ada yang menyia-nyiakan waktunya seperti aku ya :)

Alhamdulillah 1 tahun 2 bulan itu tidak bertambah lama lagi… ketika akhirnya aku kaget menjawab pertanyaan sendiri:

“sampai kapan gue harus kerja kantoran dan ninggalin anak dirumah?
“ya sampai gue pensiunlah, usia 55 kali ya”

Wew…benarkah aku mau kerja sampai umur segitu? Bukan aku gak yakin masih dipake sama perusahaan ato gak (well gak yakin juga sih :D), tapi apakah aku tega meninggalkan anak dirumah selama itu?  Lalu aku juga mulai memikirkan masa depan dan hari tua. Mau jadi apa aku 5-10-15-20 tahun kedepan? Apakah aku mau hidupku gini-gini aja? Bagaimana kalo aku ditinggal suami duluan? Apa yang aku harus wariskan ke anak cucu ketika aku tidak ada di dunia ini lagi? Ternyata aku tidak tau jawabannya…

Akhirnya akupun serius menjalankan oriflame . Aku  kenal oriflame dari tahun 2005, aku tau sejak dulu bahwa oriflame memiliki success plan yang bisa membantu kita untuk mewujudkan impian. Lewat oriflame aku bertekad  ingin memberikan kehidupan yang lebih baik untuk anak dan mamaku.

Walopun gak kepepet dari sisi financial, aku mati-matian bikin diri kepepet soal waktu. Aku mau “angkat pantat”, ninggalin zona nyaman, ngorbanin waktu untuk sementara dengan anak dan keluarga di ‘hari ini’ untuk dapetin waktu yang lebih banyak di ‘esok’ hari. AKU RELA KOK, karena aku tau untuk menjadi sukses butuh pengorbanan. Aku mau belajar, aku mau sediakan waktu, aku mau berubah, aku mau WUJUDKAN IMPIAN! 

Jadii aku berusahalah sekuat tenaga menjalankan oriflame bersama simplebiznet .

Ini jadwalku SETIAP HARI saat bekerja kantoran sambil jalanin oriflame:

05:00 – 06:00 bangun tidur, siap-siap
06:00 – 08:00  di jalan (nyetir)
08:00 – 17:00  dikantor
17:00 – 19:00  dijalan (nyetir)
19:00 – 20:30  prospecting, training, sharing dengan downline (offline)
20:30 – 22:00  di jalan (nyetir)
22:30 – 01:00  dirumah, online prospecting
> 01:00 istirahat

Tiap hari? iya hampir tiap hari aku diluar rumah menawarkan peluang bisnis oriflame ke orang-orang baik kenal maupun tidak kenal, mengajak teman-temanku untuk sukses bersama… minimal banget seminggu 2 kali tapi jarang. Seringnya 2-4 during weekdays.

Sampai rumah anak udah tidur… aku harus berbesar hati menerimanya, semua ini untuk masa depannya juga kok. Setiap hari aku tidur hanya 4 jam saja.

Weekend sabtu/ minggu semangat ikutan training dan aku gak pernah absen 1 kalipun, setiap ada jadwal training pasti aku hadir, supaya aku dapet ilmu yang banyak dan bisa cepet melesat. Habis ikut training tugasku harus kasi training lagi ke jaringan, bikin homesharing, bikin event-event, gak ada kata capek, gak ada me time dulu, gak ada itung-itungan waktu. Pokoknya NGOTOT dan gak pake REM aja dulu ngerjainnya… Acara TV gak penting sudah tidak ada dalam agendaku. Aku tinggalkan leha-leha, kumpul-kumpul gak jelas sama temen, weekend malas-malasan…nonton sinetron, gosip udah gak ada dalam kamus hidupku lagi..

Bisnis ini bisnis duplikasi, jadi kalo aku gak kasi contoh yang bagus dan menurunkan ilmu ke downline, jangan harap bisa berkembang.

Some people said “loe kok maksain diri banget sih?” Loh emang hidup harus maksain diri bukan? kalo gak gimana bisa survive? tapi Alhamdulillah aku gabung di oriflame bukan karena terpaksa, tapi karena emang aku ingin berubah. Aku baru menemukan yang namanya work with passion ya di oriflame ini. KERJA iya tapi FUN nya juga dapet. Justru aku pengen nunjukkin ke orang-orang bahwa konsistensiku di bisnis ini janganlah diragukan, Insya Allah bisa aku buktikan dengan pencapaianku dalam 2 tahun ini. Silahkan dibaca disini ya

  • Aku memang melewatkan momen saat anakku pertama kali nonton bioskop,
  • Aku memang melewatkan momen pertama kali anakku maen ice skating,
  • Aku memang melewatkan beberapa kali waktu saat anakku harus pergi ke ultah temennya,
  • Aku memang melewatkan beberapa kali waktu pertemuan dengan orang tua murid di sekolah

Apakah aku menyesal? ENGGA. Apakah aku sedih? SEDIKIT :) Tapi impianku tetap gak berubah untuk bisa mendapatkan waktu yang lebih banyak dengan anak…  aku memilih bertemu dengannya setiap hari bukan hanya pulang kantor dan weekend… jadi aku harus mau berkorban dulu.

Menabung emas… dapet emas
Menabung uang… dapet uang
Menabung waktu…dapet waktu

Sejak Feb 2012 aku sudah berhenti kantoran dan 100% menjalankan oriflame. Alhamdulillah umur 33 tahun aku udah bisa pensiun dini jadi karyawan. Sekarang aku banyak kerja dirumah. Setiap hari aku bisa melihat anakku pergi dan pulang sekolah, setiap hari aku bisa ada disampingnya ketika dia membutuhkanku. Setiap hari aku bisa bobok siang bareng :) Setiap hari aku bisa bermain bersamanya gak perlu nunggu weekend, kemanapun dia minta aku bisa mewujudkannya.  Aku sudah menanam benih dan hasilnya sekarang aku tuai…sementara setiap bulan dari oriflame ditransfer uang yang sudah melebih gaji kantorku selama 12 tahun aku bekerja.

Apa yang aku dapatkan hari ini bukan tanpa kerja keras. Semuanya menguras tenaga, waktu, keringat dan air mata… di bisnis ini satu hal yang aku pelajari adalah kita harus menyediakan HATI yang LUAS. Bisnis ini bisnis manusia…banyak sekali pelajaran hidup yang aku dapatkan lewat oriflame. Menghadapi berbagai karakter manusia dengan berbagai macam excuse untuk diajak sukses, menghadapi berbagai macam penolakan mulai dari yang sopan sampai yang menyakitkan. Menghadapi teman-teman sendiri yang menghindar dan meninggalkanku… yg dulu temen baik, jadi dimusuhin. Yang dulunya temen curhat berbalik jadi negative thinking. Yang ngeremove aku dari bbm, yang nge-unfriend aku dari FB, yang nge-unfollow aku dari twitter, bahkan FB pun diblock sama downline sendiri :)) Yang aneh lagi, yang nyuekin (gak pernah respon) padahal mereka yang minta gabung buuuanyaaaaaaaknyaaa :D. Orang-orang yang mungkin bosen denger aku ngomongin SUKSES setiap saat :) well simple aja “kita beda mimpi”. Mereka masih berpikir hari ini, aku udah mikirin hidupku 10 tahun ke depan…

Begitulah manusia….yang awalnya semangat bergabung menceritakan impiannya pun menghilang, melupakan motivasi dirinya sendiri. Alhamdullah Oriflame mengakomodir sisi negatif ku, biarlah mereka yang berbicara di belakang, belum tentu kalo aku susah mereka mau bantu kan? :)

Andaikan mereka tau bahwa mereka di ajak, dihubungi, ‘dibawelin’ di bisnis ini karena mereka akan dibimbing untuk maju bersama.

Ditolak itu biasa.

Kalo aku down karena orang-orang yang menolak, aku gak akan bisa jadi diamond (insya allah sedikit lagi, doain yaaa): Nikmatin keliling dunia setahun 2×2 tiket. Dapetin mobil CRV + cash award 42 juta diluar penghasilan bulanan yang minimum Rp. 25jt. Belum lagi pertemanan yang luarbiasa keren yang aku dapetin lewat bisnis ini. Teman lama melipir, dapet teman baru yang punya tujuan yang sama mau punya kehidupan yang lebih baik dan mewujudkan impian lewat bisnis ini.  Kami sudah menemukan kendaraannya …

Gak keliatan lagi yang gak semangat, lupa juga namanya lesu, capek-capek juga ilang, stress udah lama gak hinggap. Masalah yang dulu keliatannya gede sekarang mudah teratasi. Impian yang kayaknya mahal, sekarang udah mulai keliatan jelas. Temen-temen yang dulu cuma segelintir, sekarang banyaaaaak ribuan jumlahnya. Peluang-peluang yang dulu terasa gak mungkin, sekarang malah mudah direalisasikan. Andai semua downlineku seperti aku cara berpikirnya.

Temans,

Apapun yang teman2 lakukan sekarang, mohoooon banget di cek. Sebesar apa maknanya bagi perbaikan kehidupan? apakah teman2 sibuk untuk sesuatu yang membesarkan masa depan? ingat, kita hidup ini bawa misi dari ALLAH. Untuk menyelamatkan manusia. Membantu manusia lainnya untuk hidup lebih baik. Kalau gak bisa dari sisi materi ya minimal dari hal lainnya. pergi pagi pulang malam gak papa, asalkan tahun depan bisa pergi pagi pulang siang atau malah seharian menikmati hari bersama orang2 yang kita sukai. Coba cek, berapa banyak waktu yang teman2-teman habiskan untuk misuh-misuh, galau, marah-marah gak juntrungan, ngurusin orang lain, gosipin artis sana sini, memaki pengemudi di jalanan. Duh sayang banget kalau badan dibawa untuk hal-hal seperti itu.

Pikirkan bagaimana kita bisa membantu orang lain dari bisnis ini. Betapa bahagia perasaanku sekaligus punya tanggung jawab yang besar ketika ada downline yang berkata:

“makasi mba udah ajakin aku ke bisnis ini, aku sekarang jadi bisa bantu mama uang bulanan”
“thanks ya cha, karena oriflame gue jadi bisa resign, punya gaji melebihi gaji kantor dan punya banyak waktu sama anak
“tolong bantu aku sukses seperti mba, karena aku mau bahagiaan ortuku”
“aku pengen banget keluar negeri gratis, semoga mba bisa bantu aku lewat oriflame”
“uang bonusku kemaren aku pake buat kasi kado papa dan traktir mama juga adikkku, mereka terharu loh mba”
“senengnya aku bisa beli ipad dari bonus oriflame, makasi loh mba rosa aku diajakin ke bisnis yang luar biasa ini”
“aku capek mba ngontrak rumah terus, semoga oriflame bisa bantu aku untuk rubah hidup”
mba rosa aku seneng banget bias punya tambahan uang jutaan dari oriflame”
“plisss bimbing aku ya mba…aku pengen sukses”
kalo elo bisa gue pasti bisa, iya kan cha?” 

Dan masih banyak lagi yang aku gak ingat satu persatu…

Sebetulnya .. bisnis ini tidak lagi bicara penghasilan.

Tapi bicara bagaimana kita bisa mencetak orang2 yang menitipkan harapannya dan membuat harapan/keinginannya itu terkabul. Tentunya bukan semata tangan dingin upline yang bisa membawa mereka naik bonus, tapi yang lebih penting adalah bagaimana mereka mempertahankan semangat dan impian mereka. Ketika kita menyesuaikan antara keinginan – impian – lingkungan yang positif – dukungan dari lingkungan – motivasi internal – action maksimal, makaaaaa otomatis apa yang dicita-citakan pasti tercapai.

Terlalu kecil hinaan, makian, sindiran, apapun yang diforward oleh teman2 diluar sana ketimbang dengan segala blessing yang kudapat dari pekerjaan ku saat ini. Terlalu besar impianku kalau hanya harus ‘terganggu’ oleh kebiasaan negatif orang-orang tersebut. Terlalu biasa keheranan yang diajukan oleh banyak orang “yakin loe bisa jadi Diamond ? kan susah”, susah kan kata elo .. bukan kata gue.

Alhamdulillah diperkenankan Allah untuk bersemangat terus.

If you do not love what you do, Then you are doing the wrong thing

Mengetahui tetapi tidak melakukan Berarti tidak tahu

Aku memilih untuk mencoba. Mencari tau. Jatuh bangun. Sampai akhirnya disinilah aku sekarang. Sedikit lagi menuju impian besarku. Amin.

Yuk deh singkirkan alasan-alasan: males keluar rumah, susah cari bis, gak ada ojek, gak ada mobil, jauuuuuh mba, gak sempet, gak ada waktu, sibuk banget, anakku masih kecil-kecil, aku gak bakat, aku gak punya banyak temen, aku kan gaptek (duh jangan bangga), ih gengsi deh, gue kan cowok (so what gitu loh). Oh God … apa susahnya toh untuk sedikit berusaha. Agak capek memang, tapi itu lah hakekatnya bekerja. MAU MENGUPAYAKAN.

Setiap usaha pasti ada hasilnya. Bukan hari ini, tapi besok. Bukan besok, mungkin lusa. Satu pintu ketutup, jangan balik badan, masih banyak pintu yang bakalan terbuka. Masih banyak orang2 diluaran sana yang berhak dapet peluang bisnis keren ini dan berhak dapet bimbingan dari aku.

Alhamdulillah kehidupan berkualitas sedang aku jalani.

*H-10 menuju Stockholm, swedia gratis dari oriflame 

Rosa Puspasari
Independent Oriflame Director
0811870332
Follow @RosaPuspasari
http://berbisnisdarirumah.com/?id=rosapuspasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*