Bisnis (Oriflame) seperti Berkendara dan Menanam Pohon

Pernah dapet statement dari beberapa downline seperti ini:

Mba ocha mah enak ya udah sukses, bonus udah puluhan juta, kalo nawarin oriflame udah banyak bukti yang bisa dikasi liat, orang langsung percaya, malah pasti banyak yang nyerahin diri ya mba? nah aku baru mulai, masih cupu banget, ditolak terus, malah pernah dibilang penipu, HOPELESSS mba!

Saya balik bertanya, apakah ada anak manusia yang bisa lahir sempurna dalam 1 hari, 1 minggu, 1 bulan? Adakah menara kokoh yang bisa dibangun dalam satu malam?

Jika jawabannya tidak ada, demikian juga kesuksesan tak ada yang instan.

—————————————————————————-

Saya join oriflame tahun 2010, kira-kira apakah 2 tahun lalu saya sudah sukses? apa dulunya saya gak ditolak2in temen sendiri? (buktinya sampe sekarang masih tapi sudah mulai berkurang), apakah 2 tahun lalu saya cupu? (bodoh, gak punya bakat, gak tau apa-apa soal bisnis) IYA BANGET namanya juga baru memulai.

Nah jadi kalo sekarang dibilang enak, itu karena perjalanan yang sudah saya lewati…gak mungkin donk saya join oriflame trus tiba-tiba langsung ditransfer belasan juta ke rekening?

Kira-kira selama 2 tahun ini sudah berapa orang yang menolak saya? ratusan? mungkin…Setelah pengalaman yang menyakitkan di 1-2 tahun pertama, ternyata kemudian bisnis saya mulai tumbuh. Finally, I see the light at the end of the tunnel. Untungnya saya tidak menyerah!

Jaman modern seperti sekarang ini banyak mendorong orang untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu secepat mungkin. Termasuk keinginan orang dalam meraih kesuksesan, tak jarang orang ingin sukses dengan cara yang mudah dan cepat. Kemungkinan untuk itu pasti ada, tapi bukan itu keuntungan yang menjanjikan masa depan.   Seorang murid bela diri pergi menemui gurunya, dan berkata sungguh-sungguh, “Aku mengabdikan diri untuk belajar sistem bela dirimu. Berapa lama lagi waktu yang harus aku habiskan untuk menguasainya.” Jawaban gurunya, “Sepuluh tahun.” Tanpa sadar murid itu menjawab, “Tetapi aku ingin menguasainya lebih cepat dari itu. Aku akan bekerja keras. Aku akan mempraktikkannya sehari-hari, sepuluh jam atau lebih setiap hari bila perlu. Berapa lama lagi waktu yang aku butuhkan?” Guru berpikir sebentar, “Dua puluh tahun.”

Kisah di atas merupakan sebuah ilustrasi bahwa untuk mencapai dan memiliki apapun kita tidak (bisa) dengan cara instan.

Menurut pemahaman guru di atas, sang murid tidak akan bisa bela diri jika terburu-buru dan tidak menikmati prosesnya. Walaupun dengan berlatih seharian pun tetapi tidak menikmati prosesnya, maka itu hanya akan merusak dirinya sendiri akan mudah sakit bahkan mati bila memaksakan latihan seharian.

Buat saya oriflame itu sama seperti belajar mengendarai sebuah mobil. Dulu waktu saya belum punya mobil, gak ada kepikiran untuk belajar. Setelah punya baru deh saya ikutan kursus menyetir. Saya mulai dari nol, gak tau apa itu kopling, gigi, dim light dll. Awal nyetir, pernah nabrak mobil lain, nyundul motor, nabrak pager pas mau parkir di rumah, nerobos lampu merah dan di semprit sama pak polisi, tiap parkir mundur gak pernah bisa lurus. Saat itu saya cuma berani bawa mobil seputar rumah-kantor aja. Kalo udah jauh-jauh kadang muncul rasa takut, takut nyasar, takut kalo ada apa-apa sama mobilnya nanggungnya gak sanggup, namanya juga barang mahal, pasti servisnya juga mahal jadi jalaninnya setengah-setengah. Tapi akhirnya saya kepepet harus nyetir tiap hari karena kebutuhan, ternyata setelah dijalanin berulang-ulang dan melakukan SETIAP HARI saya jadi lebih canggih, saya belajar dari kesalahan dan ternyata sensor otak saya makin terasah, udah mulai reflek kalo tiba-tiba ada motor menyusup, atau ada mobil depan yang rem mendadak, parkir mulai luwes, masuk gang sempit pun hayo aja.  Akhirnya saya pun bangga mengatakan kalau saya sudah MAHIR menyetir mobil

Sama aja bisnispun begitu, kalo gaptek jangan bangga, belajarlah! gak bisa rekrut ya dateng ke training belajar dan terjun langsung kelapangan: PRAKTEK, lakukan setiap hari, jangan pake mikir, JUST DO IT, jalan sukses akan terbuka lebar ketika kamu mau membuka diri.

Apakah bisnis itu selalu berjalan dengan mulus? TIDAK. Membangun sebuah bisnis seperti menanam pohon. Jika pohon tidak dirawat dengan seksama maka pohon tersebut sulit tumbuh. Ketika pohon tidak tumbuh dengan baik maka dia akan mati perlahan-lahan. Dibutuhkan keahlian dan peralatan yang tepat untuk bisa membuat pohon tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang berlimpah.

Demikian juga dengan bisnis. Hanya ada 2 pilihan bagi sebuah bisnis: tumbuh atau mati perlahan-lahan.

Membangun bisnis membutuhkan waktu. Hari ini ditanam, besok belum akan berbuah. Dan panen masih membutuhkan waktu lebih lama lagi. It takes time to succeed!

Semuanya membutuhkan proses. Tukul bukan berhasil hanya gara-gara acaranya Empat Mata meledak. Tukul menjadi sukses karena bertahun-tahun berlatih dan tekun di profesinya. Tukul sukses karena bertahun-tahun tekun bersiap-siap. Acara Empat Mata adalah kesempatannya. Sukses adalah pertemuan antara persiapan dengan kesempatan.

Instant Success is twenty years in the making.

Penolakan dan kegagalan seringkali mewarnai perjalanan hidup kita,  tapi jangan biarkan semua itu membuat kita berhenti. Banyak orang yang gagal karena ‘berhenti’ dan tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

Rosa Puspasari
Independent Oriflame Director
0811870332
Follow @RosaPuspasari
http://berbisnisdarirumah.com/?id=rosapuspasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*