Oriflame Indonesia Growth Summit 11-13 Oct 2012

Menyambung postingan dibawah ini, tibalah harinya saya berangkat untuk mengikuti Oriflame Indonesia Growth Summit bersama dengan 24 leader tercepat di Indonesia. Kami berangkat tanggal 11 October dengan pesawat jam 13:30 dan tiba dibali jam 16:00 waktu setempat. Pffffhhh…Bali ternyata panas banget ya… dan karena kami harus menunggu kedatangan leader dari Surabaya, jadilah kami ngaso dulu di bandara sambil sharing-sharing.

Jam 17:30 kami berangkat dari bandara Ngurah Rai menuju W hotel Seminyak tempat kami menginap yang rate per malamnya 4 juta rupiah. Woww hebat ya oriflame! Menuju hotel memakan waktu sekitar 45 menit. Cukup lama ya? Soalnya bali tuh sekarang maceeeet dimana-dimana sama aja deh kayak Jakarta.

Begitu masuk pintu gerbang W hotel, kami terpana dengan pemandangannya, emang sih udah gelap, tapi tetep keliatan kemegahannya dari luar


Ternyata dari pintu gerbangnya lumayan jauh loh, dan pemeriksaannya juga ketat. Begitu sampai, kami langsung disambut oleh Mba Tenry, ASM oriflame bali dan segera check in.

Saya dapat kamar 122 bersama dengan Mei Lini seorang senior gold director di oriflame, sebelum kami ke kamar panitia berpesan “jam 19:30 kumpul ya di Woo Sky, kita mau dinner, jangan lupa pake putih”. Walhasil kami ngibrit dan terburu-buru ke kamar karena Cuma punya waktu 30 menitan untuk bersiap-siap dan taraaaaa begitu nyampe depan pintu kamar kami pun tertegun “unik banget”, bahkan nomor pintunya pun terbuat dari batu-batu yang digantung. Hehehe maklum baru pertama kali liat hotel kamarnya unik begini…

Saya dan Mei sempet deg-degan kayak apa ya dalemnya, langsung lah diabadikan lewat video silahkan liat disini yaa… Yang pasti begitu masuk kami disambut dengan alunan music dari DVD dan heboooooh ngeliat kamarnya yang luaaaaassss dengan double bed yang 1 bednya bahkan bisa berdua, ada bathtubnya, plus tempat shower yang luas yang lantainya dari batu, ada bangkunya juga dan wastafelnya pun 2, kanan dan kiri, ada ruang sendiri khusus toilet, lemarinya ada 3 bagian, meja mini bar yang unik, kaca rias yang menarik dan karena kami ada di lantai 1 jadi ada teras di belakangnya dan tempat duduk-duduk yang menghadap ke taman.

Saking excitednya moto-motoin kamar sebelum diberantakin sampe kelupaan mau mandi dan bersiap untuk dinner dan karena kami berdua udik kami gak tau kalo dikamar tuh ada pintu yang memisahkan antara kamar dengan dressing room nya, walhasil kami pikir nih kamar mandi terbuka gini aja, mandi pun dengan rasa was-was takut diintip, hahahaha…

Eh iya kami juga dikasi welcome gift yaitu berupa Paradise Set yang terdiri dari: parfum paradise, body spray dan body creamnya. Juga ada kain bali warna ijo pas banget deh sama nuansa kamarnya. Lumayan nih mumpung lagi ada lucky draw berhadiah trip ke singapore bagi yang ikutan mengumpulkan kotak paradise EDP untuk diundi. Dan liat deh wadah gift dan tulisan Welcomenya (dibaliknya kata ‘selamat datang’) unik banget yaaaa…. aaaaah aku cinta Oriflame sangat!!!

Dinner at Woo Sky

Dinner malam ini berlokasi di Woo Sky, masih di dalam komplek Hotel dan berlokasi di dekat kolam renang. Denger berita bahwa dinner malam ini memakan biaya Rp. 1jt/person, males deh kalo harus bayar sendiri, hehehe untung aja dijamu sama Oriflame. Woo Sky di booking hanya untuk Oriflame, yang gerbang tangganya di hias dengan janur kuning bak mau kawinan aja plus hiasan huru-huruf yang dirangkai menjadi kata ORIFLAME. Emang bukan oriflame kalo gak pake ornamen-ornamen atau dekorasi di setiap eventnya. Kami disajikan berbagai makanan yang enak-enak, 1 juta gitu loh kalo gak enak mah kebangetan yah, hihihihi… dan kami juga dihibur dengan atraksi pemain api dan juga street magician, seru juga :D Acara di buka dengan speechnya pak Amir dan juga pak magnus yang mengatakan “No one knows everything, kita ber 25 leader yang ada disini harus saling mengenal satu sama lain, harus saling bercerita satu sama lain apa saja yang kita lakukan untuk berkembang di oriflame. The real knowledge is actually didapat bukan pada saat meeting besok ini, tapi justru saat kita sedang bercengkerama seperti malam ini. Do not keep secret of what you are doing karena itu akan menjadi sumber kekuatan bagi diri kita dan orang lain”.

Dan akhirnya puuuun saya bisa berfoto berdua saja dengan Pak Magnus tanpa rebutan dan antrian, hihihi… mau foto berkali-kali juga boleh secara beliau ini ramah banget dan selalu tersenyum gak pernah BT melayani penggemarnya…gimana coba tuh ya rasanya jadi orang nomor 1, artis oriflame banget karena setiap ketemu consultant oriflame pasti dimintain foto bareng.

Acara makan malampun ditutup dengan tradisinya oriflame: kembang api! Jadi inget waktu di Bangkok kembang apinya heboh banget!

Bersama Mei Lini Roomate saya :)

Summit Day 1

Di hari kedua, summit meeting di mulai. Tapi sebelumnya narsis-narsisan diluar kamar dan area lobby yang emang keren-keren banget ini :D

Lalu kami breakfast dulu di restoran bernama FIRE. Restonya modern banget dan yang uniknya begitu saya masuk ditanya “mau cangkir yang mana untuk minum teh atau kopi?”. Oh ternyata ada 1 rak yang isinya cangkir-cangkir lucu yang bisa kita pilih, baru kali ini saya nemu hotel kayak gini, bener-bener beda. Sempet bingung juga mau pilih cangkir yang mana ya karena banyak dan gambarnya macam-macam :D

Di beberapa meja ada majalah-majalah yang bisa kita baca sambil makan, seperti dirumah aja ya…

Selesai breakfast gak seru kalo gak ngider hotel dulu terutama nih kolam renangnya yang indah banget. Kolam renangnya tuh gak pake ubin biru jadi kesannya kayak kolam ikan, hihihi… rasanya pengen nyebuuuur deh apalagi deket pantai begini….

Nah kearah pantai ini ada logo W yang gueeedeee banget, pastilah ini jadi ajang narsis-narsisan walhasil kami ganti-gantian poto-poto disana plus juga ada bale-bale tempat tidur yang rasanya jadi pengen tiduran aja deh ogah meeting, hahahaha…

Tepat jam 9 kami menuju ke ruang meeting dan sudah ada 2 orang cewek-cewek bule cantik-cantik menyambut kami dan mejeng mempromosikan produk oriflame, jadilah lanjut poto2 lagiiiii, hahahaha…entahlah ini model-model cewek dari mana ya :D

Segala acara dan meeting di oriflame pasti direncanakan dengan sangat matang, banyak gimmick-gimmicknya dan yang pasti sangat rapi dan teratur.

Amir Mortazavi

Meeting disambut dengan lagu-lagu yang menghentak dan dimulai dengan ritual tepuk oriflame. Lalu pak amir mortazavi, managing Director Oriflame, memulai sesi yang pertama, pada sesi ini pak amir, mengatakan bahkan kita akan menemukan banyak sekali perbedaan budaya dan cara orang dalam menjalankan bisnis dan mereka bisa sukses dengan caranya masing-masing. Kemudian Pak Amir menceritakan kisahnya ketika beliau memulai oriflame 4 tahun yang lalu di negara yang belum ada oriflamenya dan tantangannya adalah beliau harus mengembangkan network disana sampai beliau harus dikirim ke Oriflame India dulu untuk belajar. Pak Amir bilang, kita akan PD menjalani bisnis kalo kita punya pengetahuan dan memperlihatkan passion atas apa yang kita kerjakan.

Naaaaah jelas ya oriflamers, kalo mau berhasil di bisnis ini makanya jangan pernah deh males-malesan dateng ke training, semakin banyak ilmu maka kita akan semakin PD ngajak orang dan hasilnya tentu aja kita bisa cepet naik level. Overall lnti dari apa yang dipresentasikan beliau panjang lebar adalah bahwa dalam bisnis kita harus punya 3 hal yaitu: produk, Plan dan system.

Magnus Brannstrom

Setelah itu Pak Amir mempersilahkan Pak Magnus, CEO Oriflame yang datang dari Swedia untuk memberikan presentasinya. Pak Magnus mengangkat topic tentang leadership. Beliau bilang hal yang paling penting dalam leadership adalah tau kemana kita akan pergi. Punya pandangan jauh ke depan, punya target, punya goal, impian dan harapan. What would people will follow you here, what’s good about going here, what will life be if we go here? Seorang leader tidak perlu memperdulikan apakah dia disukai atau tidak. Sepanjang apa yang dia lakukan berjalan dgn baik, orang akan mengikutinya walaupun dia bukanlah orang yang disukai.

Leadership have to start from me, from you. Who am i as a person, what do i like to do, what do i not like to do, what am i good at? What am I not so good at?

Beliau juga mengatakan bahwa level kesuksesan seorang itu dimulai dari nol, dengan kerja keras…dan ketika kita bertemu di satu titik dimana kita mulai menanjak dan kemudian kita melihat ke belakang kita bisa bilang pada diri sendiri “ini hal yg masuk akal, dan worthed”. Namun yangs sering terjadi adalah ketika kita bertemu disatu titik dengan melewati siklus naik turun, kebanyakan orang menyerah, dan satu hal kalo kita menyerah kita tidak akan pernah sampai tapi kalo kita gak menyerah cepat atau lambat kita akan sukses, perjalanannya akan sangat panjang tapi semua orang yg berhasil adalah orang yang tidak pernah menyerah dan meraih titik terpuncaknya, ini penting untuk kita ketahui terutama saat kita sedang mengalami masalah dalam hidup. Beliau mengambil contoh Robert and Jonas Af Jochnik pun adalah duo milioner yang pernah mengalami naik turun, tapi kalo menyerah mungkin tidak akan pernah ada oriflame di 67 negara. Dalam bisnis apapun pasti selalu ada yang namanya naik dan turun seperti grafik yang digambarkan oleh Pak Magnus dibawah ini.

Dan masih banyak lagi soal leadership yang Pak Magnus sampaikan sampe bikin kepala saya berasep, jadi leader itu tidak mudah teman! Justru itulah tantangannya, karena kita harus memimpin orang lain. Beruntungnya saya bisa masuk ke IGS ini dan dapet ilmu yang banyak sekali dari beliau. Bahasanya jelas, lugas dan tidak terburu-buru, dan selalu setiap speechnya saya gak pernah mau lewatin untuk di abadikan lewat video, karena beliau adalah pemimpin yang karismatik dan bersahaja yang dicintai oleh seluruh consultant oriflame di dunia.

Dan sangat disayangkan ketika sesi pak Magnus selesai beliau harus langsung terbang kembali ke Sweden jadi saat lunch time kami manfaatkan untuk foto-foto terakhir bersama beliau… hihi kasian deh beliau mukanya sampe merah kena sinar matahari dan tetep ramah dan sabar melayani permintaan fans, termasuk saya yang pecicilan kalo gak bagus fotonya ulang lagi, jiaaaaah! :d

Action Coach

Setelah makan siang meeting dilanjutkan dan kami diminta untuk berganti pakaian sport. Kali ini oriflame mengundang presenter dari luar yaitu dari Action Coach, seorang coach ngetop bernama Cynthia Wihardja banyak memberikan ilmu tentang bagaimana seseorang bisa berhasil dalam sebuah bisnis. Jadi beliau ini adalah mentor yang bisa membantu mempercepat kesuksesan UKM di Indonesia. Action coach adalah business coaching company yang didirikan pada tahun 1993 oleh Brad Sugars.

Kami diajarkan untuk berpikir jauh ke depan bahwa untuk sukses itu tujuannya harus besar dan jelas dan juga harus melibatkan emosi. Sebagai contoh: kira-kira kalo anda disuruh untuk menyeberangi sebuah sungai hanya dengan melewati 2 papan apakah berani? Tentu semua menjawab berani. Lalu kemudian coach Cynthia bilang “nah kalo sekarang  papan ini saya pindahkan diantara 2 gedung tinggi 50 lantai  apakah masih berani untuk melakukannya?” tentu saja semua bilang tidak. Lalu kami di challenge lagi, tapi dikasi duit nih berapa maunya? 2 juta, 10 juta? 1 milyar? Ada beberapa peserta yang bilang mau ada juga yang tidak. Kemudian coach Cynthia bilang “nah kalo sekarang di ujung sana ada anak anda yang sedang terperangkap api?” (eh kalo gak salah sih gini ya contohnya saya agak lupa :D) Tentu saja semuanya bilang “apapun buat anak akan dilakukan”. Nah inilah contoh bahwa punya goal saja tidak cukup tapi juga harus melibatkan emosi…punya goal itu juga harus melibatkan tubuh, pikiran, hati dan semangat.

Jam 4 kami diajak keluar untuk bermain volley pantai, masih ada hubungannya dengan materi bagaimana membangun sebuah bisnis, kami dibagi menjadi beberapa grup dengan 1 orang team leader. Saya kebagian grup bersama cici Cynthia venika, hera, windi, amel dan henny.  Cici menjadi team leader kami dan kami sepakat menamakan grup kami dengan PARADISE :)

Jadi pada permainan volley pantai ini kami diberikan aturan-aturan bermain yang berbeda pada setiap grup, kami juga diminta untuk memikirkan strategi-stragei apa saja supaya kami menang. Beberapa kali setiap 1 sesi permainan selesai kami diminta kumpul dengan coach Cynthia untuk melakukan review dan kami diberikan kunci untuk membangun tim pemenang, yaitu:

  • Strong leadership (Kepemimpinan yang kuat)
  • Common goal (satu tujuan)
  • Rule of the game (aturan permainan)
  • Action plan (Rencana kerja)
  • Accept risk taker (Menerima resiko)
  • 100% participation (Berpartisipasi aktif)

Seru juga dengan adanya team building volley ball ini kami ber 25 jadi mengenal satu sama lain dan kompak, walaupun akhirnya tim saya kalah tapi kami tetep happy karena bukan masalah menang atau kalah yang penting pelajaran yang bisa diambil dibalik kegiatan ini. Tim pemenang adalah rock angel yang diketuai oleh Mba Dini Santi dan memenangkan uang tunai sebesai 2,8juta hasil dari saweran 50rb per peserta, plus dari uang taruhan :D

Dan sebagai hadiah hiburan kamu semua diberikan tumbler Nutrishake ini, Asiiiiiiiiiik….

Dinner at Potato Head

Meeting day 1 selesai dan kami pun kembali ke kamar, bebersih badan karena penuh dengan pasir pantai dan siap untuk dinner. Kali ini kami dinner di luar hotel dan saya baru ngeh kalo ternyata kami dibawa ke Potato Head. Sering kali denger nama ini dan setiap kebali gak pernah sempet untuk mampir, dalam bayangan saya tuh potato head Cuma resto-resto biasa yang menyediakan makanan dari kentang eeeeh gak taunya ini resto mewah ya, ihihihihihhi…gerbang masuknya pun kereeen banget ya dan banyak ornament dindingnya yang unik-unik…

Dinner dibuka oleh pak Fred yang mengatakan bahwa “diantara 200.000 consultant oriflame di Indonesia, anda adalah YANG TERCEPAT dan saya yakin tahun 2013 anda akan bersinar”. Duh betapa bangganya pada diri sendiri saya bisa berada disini bersama dengan teman-teman yang tercepat. Saya mau janji sama diri sendiri tahun 2013 akan jauh lebih baik dan akan mencetak banyak prestasi. I know I CAN DO IT. Harus yakin!

Oriflame mengambil tempat diatas dan privat dengan pemandangan dibawahnya kolam renang, liat deh nih romantic banget kaaaaan…

Katanya dinner ini memakan biaya 700rb per orang dan makanannya bener-bener kayak makanan gala dinner, semuanya enaaaaaaaak booow, jadi pengen lagi deeeeh :D

Summit Day 2

Hari kedua yang juga merupakan hari terakhir meeting, dikasi hadiah lagi yaitu mouse pad yang ada gambar success plannya :D. Hari ini masih dengan topic yang sama dengan coach Cynthia, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari beliau. Menurut coach Cynthia kami ini consultant oriflame belum bisa dikatakan entrepreneur alias pengusaha, melainkan kami ini masih self employed, karena coba deh sekarang kira-kira masih gak sih kita daftarin downline sendiri, order sendiri, booking ini itu sendiri? Masih kan? Kalo pengusaha, segala tenaga, modal, pikiran sudah bukan kita lagi yang melakukan tapi orang lain. Nah makanya jangan cuma punya goal kerja untuk diri sendiri tapi harus berani untuk menjadi entrepreneur. Tuh kan oriflame tuhs elalu aja deh membuat kita punya cita-cita setinggi mungkin. Jadi ketika anda self employed maka uang yang anda dapatkan adalah berupa passive income dan ini harus berani diinvestasikan ke hal yang lebih besar lagi contoh property atau saham dengan begitu anda bisa mengejar level WEALTH, hasil dari investasi tadi lalu anda jual lagi maka baru akan  membawa anda kepada level RICH.

Fredrik Widell

Setelah sesi coach Cynthia selesai, salah satu speech yang saya tunggu-tunggu adalah dari pak Fredrik Widell, beliau adalah regional Director Oriflame Asia Pacific, saya seneng banget ketika saat lunch beliau menghampiri saya dan menanyakan saat ini saya sedang menjalani kualifikasi apa kemudian memberikan motivasi kepada saya. Menurut saya selain pak magnus, pak fred adalah seorang leader yang juga sangat hebat dan kalau berbicara memukau semua orang. Pada sesinya, beliau juga berbicara tentang leadership dari sudut pandang yang berbeda. Pak Fred bilang bahwa seorang leader harus memiliki personal motto. Adapun moto pribadi dari Pak Fred adalah “when you think of something, think BIG”, hal ini menurut beliau sangat menggambarkan dirinya yang suka berpikir jauh ke depan. Seorang leader juga harus menjadi role model bagi orang-orang yang dipimpinnya, salah satunya yang sangat penting adalah FUN. Being oriflame should be FUN. Kadang kala saking FUN nya kita tidak seperti tidak sedang bekerja.

Mau tau lebih banyak apa yang dibicarakan Pak Fred saat IGS, silahkan buka artikel ini diblog beliau, ini persis sama dengan apa yang beliau sampaikan di IGS.

Ada 1 hal yang membuat saya hampir menitikan air mata ketika Pak Fred mencontohkan figure seorang world class leader, beliau bilang “world class leader harus memiliki sifat humble (rendah hati), selalu ingat darimana dia berasal dan tidak boleh merasa dia yang paling tau segalanya. 2 orang world class leader yang saya kenal dengan baik adalah duo founder oriflame robert and jonas af jochnick, mereka memiliki hati yang sangat tulus padahal mereka salah satu orang terkaya di dunia, mereka bisa membeli apa saja dan mewujudkan impian apa saja, namun mereka memperlakukan orang lain sangat tulus. Jika anda hadir ke diamond conference, mereka adalah orang yang terus menerus dan tidak pernah berhenti bertepuk tangan ketika pada leader di recognisi diatas panggung, i respect them very much and and the last person in this world i want to disappoint is them”

Coba apa lagi yang anda ragukan untuk bergabung di oriflame, sudah jelas kami semua memiliki role model yang sangat hebat, duo founder yang saya sendiri sudah melihat langsung ketika di Gold Conference Stockholm, mereka jauh sekali dari kesan angkuh dan sombong, benar-benar pribadi yang sangat sederhana dan selalu ramah sama semua orang.

Terakhir, pak Fred bilang: “Apa yang anda inginkan? What is it do you want! Apa yg anda inginkan dari bisnis oriflame dan dari kehidupan anda. Sekali anda jelas apa yang anda mau, get working! bekerjalah dan jalani sesuai rencana maka cepat atau lambat anda akan meraihnya karena apapun bisa diwujudkan dan batasnya adalah apa yang anda inginkan dan berapa banyak pengorbanan yg anda keluarkan”.

Teman-teman, Every dream, every achievement, every success there are sacrifice to be made. Jadi kalo baru gabung di oriflame ketemu masalah kecil doank, orderan telat datang, starter kit gak diterima-terima, stok barang yang kosong aja udah ngambek dan gak mau jalanin oriflame — kalo di arahin upline gak mau nurut, di ajak ke training banyak alasan, di cerewetin langsung tersinggung — baru ditolak 3-4 temen udah mau berenti,  dicemoohh temen-temen karena ngomongin oriflame melulu gak kuat, gimana mau wujudkan impian? Gimana mau sukses? SUKSES tidak mungkin bisa diraih tanpa ada PENGORBANAN. Jadi kuatkan MENTAL karena hanya yang bertahanlah yang menjadi PEMENANG.

Fauzi Siddik

Sesi selanjutnya diisi oleh Pak Fauzi Siddik, beliau adalah komisaris Oriflame Indonesia. Beliau tidak berbicara banyak, namun beliau sampaikan bahwa kita semua bisa jadi pengusaha lewat Oriflame karena oriflame memiliki factor-faktor yang bisa kita jalankan untuk menuju kesana. Salah satunya adalah Return on investement (ROI). Contoh (dalam dollar): untuk bergabung di oriflame kita hanya memerlukan uang USD 4, income oriflame rata-rata di Indonesia adalah USD 800 artinya ada USD 9600/thn. Income per kapita di Indonesia adalah USD 3600/thn, jadi kita consultant oriflame sudah melebihi ini bahkan ada yang sudah memiliki penghasilan USD 150.000/tahun. Bayangkan dengan 4 dollar kita bisa dapatkan return of investment yang sangat besar.

Recognition

Acara terakhir adalah Recognisi… Alhamdulillah dapat piagam lagi, emang di oriflame nih untuk ngumpulin piagam sebanyak-banyaknya tuh BISA BANGET. Lah saya aja dari kecil sampe sebelum join oriflame rasanya belum pernah dapet penghargaan apa-apa tapi sekarang lumayan ruang kerja saya dindingnya mulai di penuhi dengan award. Insya Allah saya pengen terus berprestasi di oriflame, pengen banget bikin mama, anak dan suami saya bangga.

Frame piagamnya warna warni dan saya dapet warna PINK pas banget sama warna favorit saya ;)

Bareng Eka Satriana

Wrap Up!

Recognisi adalah acara puncak setelah itu kamu check out dan langsung pulang Ke Jakarta. Gak banyak waktu untuk leyeh-leyeh dan jalan-jalan di Bali karena emang kami kesini untuk belajar. Tuh buat belajar dan meeting aja Oriflame kasi tempat yang mewah dan tidak menjemukan, jadi siapa juga yang gak semangat jalanin bisnis ini, cuma orang yang gak mau rubah hidup aja yang gak mau kerja keras untuk naik level di Oriflame.

Menuju bandara, saya ikutan bareng Eka Satriana salah satu Senior Diamond tercepat di dunia dan kami nyempetin belanja oleh-oleh di Khrisna. Then terbang dengan pesawat 18:05. Fiuuh capek tapi ke charge lagi semangat ini, kalo kata Pak Amir, when you go home it’s time for you to reflect… begitu banyaknya PR sebagai leader di jaringan saya yang harus saya tuntaskan dan saya tidak akan pernah berhenti karena begitu banyak orang di jaringan saya yang menggantungkan nasibnya lewat oriflme. They need me! Mereka adalah amanah dan saya akan pegang itu kuat-kuat.

Meeting yang luar biasa!
Membuat saya mantap bahwa saya berada di bisnis yang tepat bersama manajemen yang luar biasa. Terima kasih Oriflame.

Akhirnya tulisan ini selesai juga…semoga berguna buat teman-teman semua dan yang masih ‘bobo’ abis join oriflame jangan kelamaan ya mati surinya, waktu terus berjalan dan banyak orang yang menunggu anda sukses. Untuk sukses di oriflame memang tidak mudah tetapi juga tidak sulit karena sudah ada sistemnya, tapi yang pasti adalah SANGAT MUNGKIN untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lewat oriflame!

Rosa Puspasari
Independent Oriflame Director
0811870332
Follow @RosaPuspasari
http://berbisnisdarirumah.com/?id=rosapuspasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*