1 tahun berlalu… sejak saya memutuskan pensiun dini…

3 Februari 2012 …

Hari terakhir saya bekerja di PT. TCI sebagai seorang Senior Secretary, sebuah perusahaan tambang batubara Australia yang berlokasi di Cilandak jakarta Selatan, sebuah perusahaan yang menurut saya cukup bonafid dan sangat sophisticated.

Tak terasa sudah 1 tahun sejak saya memutuskan untuk pensiun dini dan memilih jalan untuk 100% fokus kepada bisnis oriflame.

Waktu berlalu begitu cepat…

Saat itu… bukanlah keputusan yang mudah untuk meninggalkan perusahaan ini. Lingkungan kerja yang cukup kondusif, teman-teman yang saling support dan yang pasti bos-bos luar biasa yang saya miliki: 12 expat dan 4 national level senior management sampai executive saya tangani dalam kurun waktu 6 tahun 9 bulan dan saya selalu happy bersama mereka. Luar biasa….. diantara kebanyakan karyawan yang sering mengeluhkan bosnya, saya justru sangat-sangat menyanyangi mereka sepenuh hati. Agak lebay ya tapi begitulah kenyataannya…

Alhamdulillah tidak pernah sedikitpun terlintas untuk pindah perusahaan, sepertinya saya sudah berada di zona nyaman: lokasi kantor yang relatif dekat dari rumah dan gaji yang terbilang cukup besar, 13,8 juta/bulan

Tahun 2010, bulan juli… ketika akhirnya saya memutuskan terjun ke bisnis MLM oriflame, tidak disangka-sangka dalam 10 bulan saya bisa menghasilkan bonus yang melebihi gaji dari kantoran yang saya tekuni selama 12 tahun. Saat itu belum terbersit keinginan untuk berhenti bekerja, cukup aneh memang…. karena biasanya mereka yang sudah meraih bonus 7 juta di oriflame pasti sudah mengajukan resign, namun saya terus bertahan sampai level sapphire director dengan income 20 juta/bulan. Banyak orang berpikir menjalankan oriflame sambil bekerja tidaklah mudah, tapi buat saya 22-nya begitu menyenangkan untuk dijalankan bersama :)

Sampai akhirnya dilema itu pun datang… Nima Khoei, seorang mentor bisnis saya yang baru di oriflame, kaget mendengar status saya yang masih bekerja “no one in your title (sapphire director) is still working as an employee, now think about this: which one is more important, your boss or your family?”.

JLEB!

7 bulan akhirnya saya dalam dilema, maju mundur menentukan waktu kapan sebaiknya saya memutuskan resign…saat itu akhirnya saya berpikir bahwa tujuan saya menjalani bisnis oriflame ini sebenarnya untuk apa?

Bukankah karena saya ingin punya banyak waktu untuk anak?
Bukankah karena begitu banyak impian yang harus saya wujudkan?
Bukankan karena saya ingin memiliki kehidupan yang lebih baik lagi?
Bukankan saya tidak mau bekerja kantoran sampai usia pensiun?

Jaringan saya sudah semakin besar dan pastinya membutuhkan perhatian lebih dari saya

Berbulan-bulan saya bergelut dalam kebimbangan ….sampai akhirnya di bulan november saya berani membuat keputusan: saya harus resign di awal tahun 2012! Mencoba memberanikan diri untuk mencari waktu yang tepat untuk mengatakan kepada bos saya. Menguatkan hati bahwa saya harus rela meninggalkan, Scott Beckwith (SB), bos yang saya kagumi, seseorang yang full of appreciation,yang selalu mensejajarkan dan memperlakukan saya setara manager-manager beliau tidak hanya sebatas “sekretaris”, yang selalu memperlakukan saya dengan spesial (bukan hanya kiriman rangkaian bunga-bunga apresiasi 1 tahun 2 kali yang saya terima :D), namun beliau memberikan banyak sekali pengalaman baru dan peduli dengan development saya dalam bekerja. Suami saya pun sering dilibatkan pada setiap acara management team kami. Kedekatan, kekompakan kami dalam pekerjaan membuat saya tidak rela apabila ada orang lain yang menggantikan posisi saya :)

Belum sempat menyatakan keputusan ini… saat meeting 3 hari di sebuah hotel di akhir november 2011, ternyata beliau mengumumkan bahwa beliau akan pindah ke perusahaan lain, tetap di Indonesia. Serasa tamparan yang keras, saya meninggalkan meeting casual malam itu, lari ke kamar dan menangis sesunggukan… sediiih dan lega bercampur jadi satu…. sedih karena “kenapa saya tidak pernah diberitahukan secara personal???.”  Lega karena…. “sekarang langkah saya semakin mantap” :) See… sampai resign pun kami kompak di waktu yang sama…tidak ada lagi yang membuat saya harus bertahan disana…

1 Minggu kemudian…di sudut starbuck gedung kantor, 2 jam lebih saya menjelaskan success plan oriflame dan menyatakan niat saya untuk 100% fokus disana… keputusan saya untuk berhenti tidak ada hubungannya dengan keputusan beliau “this is something that I have been thinking of for the last 7 months without knowing your plan”, saya tidak pernah mengetahui niat beliau untuk move on….Alhamdulillah beliau fully support atas apa yang saya kerjakan di oriflame. Kemudian kabar berseliweran… saya resign karena diajak beliau ke perusahaan yang baru…tentu saja ini kabar ini tidak benar :)

Komitmen saya saat itu…. saya harus membantu beliau sampai hari terakhir beliau bekerja…akhirnya kamipun merencanakan farewell bersama :)

2 February 2012…farewell party bertema “race party” (karena bos saya adalah co-driver dari Rifat Sungkar, pe-rally no 1 indonesia) di Pendopo kemang tidak akan pernah saya lupakan… bersyukur sekali punya teman-teman yang yang perhatian yang mau capek-capek organise acara yang full of surprises ini…seru, heboh, lucu, mengharukan…diem-diem bikinin video untuk bos saya, eh ternyata saya dibuatin video juga yang ada komentar beliaunya didalamnya… begitu banyak kenangan bersama perusahaan ini yang tidak akan saya lupakan….

It was a sad moment but I have to pursue my dreams with ORIFLAME.

Frame photo salah satu kenang-kenangan yang saya terima, saat itu beliau bilang “put this in your president office, supaya kamu gak pernah lupa sama orang-orang yang pernah kamu bantu”

Sampai saat ini alhamdulillah saya dan bos-bos saya terus berkomunikasi dan bertemu secara berkalapaling tidak 2 bulan sekali. Selalu kasi progress kehidupan masing-masing melalui email…. ini foto terakhir ketika ulang tahun saya tanggal 8 januari yang lalu, SB mengundang makan siang bersama. Salut dengan beliau yang sibuk luar biasa masih mau menyempatkan diri memikirkan saya :)

Beliau selalu excited mendengar cerita oriflame saya, beliau selalu mendorong saya untuk maju, beliau selalu menyatakan kebanggaannya atas apa yang saya lakukan di oriflame. Beliau mau disetirin BMW X1 katanya kalo saya mencapai level executive director di oriflame (semoga ketika saat itu tiba beliau masih di indonesia), beliau selalu bilang “i always believe that you will be a successful business woman”. Hik…hik…terharu…sangat berterima kasih atas semua pembelajaran yang saya terima selama 4 tahun terakhir bekerja bersama beliau…

Pengalaman berharga dan mungkin hanya sekali dalam seumur hidup saya, rally bareng Rifat Sungkar dan Scott beckwith di Cikampek, hadiah dari beliau untu management teamnya

1 tahun berlalu… dan saya tidak pernah menyesal atas keputusan saya, banting stir dari karyawan menjadi 100% bos buat diri sendiri.

Saat ini….saya bekerja dari rumah, memiliki banyak waktu dengan anak, dan penghasilan puluhan juta yang tidak tergantung kepada suami.

—-Anda patut bangga jika ingin memulai karir yang berbeda dari awal. Sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Namun jangan sampai lupa diri dan lalai dari tujuan awal memulai karir kembali—–

 

Rosa Puspasari
Independent Oriflame Director
http://berbisnisdarirumah.com/?id=rosapuspasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*